Sejarah Cadas Bundar Cirebon

Cirebon tren, kota cirebon banyak memiliki tempat bersejarah. Saya akan menceritakan sedikit tentang sejarah cadas bundar di cirebon.
Sejarah cadas bundar cirebon | @CirebonTren

Tempat ini memang tempat yang bersejarah di kota cirebon, namun sebagaian banyak orang belum mengetahui lokasi tempat cadas bundar di kota cirebon. Karena tempat ini lokasinya lumayan terpelosok berada di dalam desa yaitu ds.banjar wangunan kec.mundu kota cirebon.

Saya hanya menyeritakan tempat ini, kalo masalah foto saya belum sempat memoto tempat itu, jadi cuman sekedar foto editing biasa, Karena kalau bercerita itu cuman sekedar membaca bisa di anggap tidak asyik juga sih 😀? Jadi saya beri foto biasa sajah supaya ceritanya juga nyambung dengan cerita yang sedang dibahas.

Tempat ini memang berlokasi di sebuah desa tidak jauh dengan tempat tinggal saya, keberadaan cadas yang berbentuk seperti peta ini memang asli ini cadas berbentuk peta, namun uniknya di bilah tengah memiliki lingkaran bundar mencekung kedalam ukuran lebarnya sih sekitar 60x60.  

Lingkaran bulat ini yang dinamakan cadas bundar, cadas yang memiliki sejarah di kota cirebon, kata sang para ulama yang mempunyai ilmu kanuragan tempat cadas bundar ini adalah tempat istana perkumpulannya para jin/setan.

Memang tadinya saya juga tidak percaya bahwa tempat ini adalah tempat bertamunya setan, setelah ada yang telah melanggar larangan tidak di perbolehkan untuk menginjak atau melompati cadas bundar itu.

Malah ada seorang anak kecil berusia 12th namanya Saipul yang masih duduk di bangku kelas 6 itu, ceritanya sore hari sekitar jam 04:15 iya sedang berpetualang dengan temannya mencari burung di kebun buah gedong madu, dengan tidak sengaja anak ini menginjak tempat istana cadas bundar.

Lalu kemudian setelah silang 3 jam setelah maghrib tubuh Saipul tiba-tiba panas seperti api ketika disentuh badanya, Saipul tidak sadarkan diri, Saipul berkejang-kejang sangat histeris dan Saipul selalu menyebut nama kain putih.

Dengan Saipul yang sedang kondisi sekarat Saipul terus menyebut atau meminta kain kafan Saipul sendir berkata segera bawakan kain kafan dan kuburkan saya sekarang juga, Saipul terus berteriak berkata seperti itu keluarga ibu, bapa, dan saudara Saipul yang selalu mendampingi Saipul disisinya dalam kondisi Saipul yang sedang sekarat itu semuanya menangis 😵. 

Saya juga bingung sebagai teman kerabat dekatnya Saipul sampai saya bicara dalam hati saya berbisik dasar iblis, dan saya percaya bahwa yang sedang merasuk dalam tubuh Saipul itu JIN.

Akhirnya  saya, dan keluarga ibu, bapak, saudara-saudara, Saipul segera mengambil air wudu lalu membacakan ayat suci alquran, yaitu ayat yasin. Setelah silang 4 jam. Alhamdulillah Saipul mulai tersadar dari kerasukan syetan iblis jahanam yang telah merasuk dalam tubuh Saipul.

Akhirnya semunya lega, tenang dan tidak khawatir lagi, mungkin itu karena larangan cadas bundar tidak boleh di injak atau dilompati, akibatnya fatal sama seperti yang telah Saipul alami.

Setelah Saipul sadar saya sedikit bertanya kepada Saipul pul tadi sewaktu kamu dalam kondisi kesurupan setidaknya kamu ingatkan apa sajah yang kamu alami sewaktu kamu kesurupan itu? Saipul menjawab iya saya masih ingat.

Lalu Saipul menceritakan semua apa yang telah saipul alami dalam kerasukan tadi kata saipul, Saipul dibawa ke istana kerajaan emas yang sangat besar, dan sebelum memasuki istana juga di pintu luar istana di jaga oleh 2 kuda sembrani kembar, dan saat Saipul memasuki istana cadas bundar itu ia terkejut melihat seluruh isinya pula dipenuhi barang-barang emas seperti gelas, dan teko yang Saipul lihat itu berwarna emas semua. Disanah saipul bertemu dengan kuda sebrani kembar sang penjaga pintu istana cadas bundar, Ny.kemuning, Mbah gandrong dll.

Konon katanya juga dari seorang tetangga saya pernah melihat dengan tidak sengaja saat melewati tempat itu ia melihat sepintas dua kembar kuda sembrani melintas di cadas bundar itu.

Jin memanglah bisa menyerupai wujud apa sajah,
percaya ataupun tidak percaya bahwa cerita kerajaan cadas bundar di cirebon ini memang ada bukanlah seolah hanya mitos, tempat sejarah cadas bundar memang sudah ada sejak berabad-abad tahun yang lalu.



About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :